1

Gila! Wanita Hamil Lagi, Padahal dirinya Sedang Hamil. Ko Bisa ya?

Posted on

Percaya gak kamu jika seorang wanita bisa mengandung lebih dari satu anak  dalam fase kehamilan yang sama.

Hal ini bukan karena kasus kehamilan bayi kembar melainkan kehamilan yang terjadi setelah 10 hari mengandung.

Kasus kehamilan anak lebih dari satu ini dialami oleh seorang wanita di Australia bernama Kate Hill. Dalam pengakuannya , Kate Hill memiliki dua bayi perempuan pada hari yang sama-tapi mereka tidak kembar.

1

Kate Hill mengandung Charlotte, 10 hari kemudian terjadi pembuahan yang menghasilkan Olivia. Kelahiran dua bayi dalam waktu bersamaan ini membuat banyak orang mengira jika Kate Hill hamil bayi kembar. Padahal pembuahan janin kedua anaknya itu berselang waktu 10 hari lamanya.

Fenomena yang dikenal sebagai superfetation ini, terjadi ketika seseorang yang sedang hamil berhasil untuk hamil lagi setelah sperma dan sel telur yang berbeda dan berhasil bersatu, bergabung bersama dengan hasil pembuahan terdahulu.

Dan tentu saja kejadian ini berbeda dari kehamilan bayi kembar. Pada dasarnya , kembar identik terbentuk ketika satu sel telur dibuahi lalu terbagi menjadi dua. Sementara kembar fraternal terjadi, ketika dua telur terpisah dibuahi oleh dua sperma yang terpisah.

Meskipun terdengar mirip dengan superfetation, embrio kembar fraterna memiliki usia yang relatif sama, sedangkan pada superfetation tidak.

Sejak Hill hamil pada dua hari yang berbeda, janin berkembang pada tahap yang berbeda. Meskipun mereka lahir pada hari yang sama, secara teknis mereka memiliki tanggal jatuh tempo yang berbeda.

“Superfetation ini sangat jarang terjadi. Saat saya sudah hamil, tubuh saya secara spontan merilis telur yang lain, sehingga usia kehamilan dua embrio juga berbeda,” kata Hill.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>